28 Agustus 2016

Teknik Penyambungan Pucuk Mangga

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang teknik penyambungan pucuk mangga, pada kesempatan ini saya pilih pucuk mangga golek utk disambungkan ke pucuk mangga madu.

Berikut langkah demi langkah dalam proses penyambungan mangga :
  1. Dengan mengucapkan Bismillahhirrahmanirrahim langkah pertama yang perlu disiapkan adalah peralatan yang akan digunakan yaitu terdiri dari cutter, tali plastik, kantong es MAMBO dan pelindung pohon terhadap cahaya matahari langsung.
  2. Langkah kedua siapkan pucuk mangga yang akan disambungkan ke pokok utama dan jangan lupa pilih pucuk yang berkualitas dan sehat kemudian irislah kedua sisi bagian bawah berbentuk huruf "V".
  3. Langkah ketiga potong pucuk mangga tempat yang akan disambungkan dengan pucuk mangga golek kemudian dengan menggunakan cutter belahlah pucuk pokok mangga utama ke arah bawah kira-kira sepanjang 2-3 cm.
  4. Langkah ke empat masukkan pucuk mangga golek yang telah disiapkan sebelumnya kedalam irisan pucuk pohon mangga utama dan janganlah lupa salah satu sisi pucuk yang akan disambungkan sejajar dengan sisi pucuk pohon utama agar proses pemulihannya sempurna.
  5. Langkah kelima ikatlah dengan tali plastik secara hati-hati ditempat penyambungan antara kedua pucuk tersebut
  6. Langkah ke enam bungkuslah dengan plastik es mammbo pucuk hasil sambungan tadi agar proses penyambungan terjadi secara maksimal dan
  7. Langkah terakhir bentangkanlah pelindung dari sinar matahari pohon mangga yang telah disambungkan.
Berikut ini proses penyambungan pohon mangga dalam gambar dari tahap ke tahap :
Langka ke-2

Langkah ke-3

Langkah ke-4

Langkah ke-5

Langkah ke-6

Langkah ke-7

Selesailah teknik penyambungan pohon mangga, proses selanjutnya adalah bersabar dengan harapan apa yang telah kita praktekkan berhasil dengan sempurna, keberhasilan ditandai dengan keluarnya pucuk muda dari ujung "mangga golek" proses itu biasanya berdasarkan pengalaman para ahli membutuhkan 7-14 hari kalender, sekian tulisan kali ini semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa itu Bitocto Exchange?

Bitocto Exchange adalah platform marketplace online yang menghubungkan orang yang membeli atau menjual Aset Digital (seperti Bitcoin da...